Asupan sehat untuk penderita diabetes

Asupan sehat untuk penderita diabetes

Makanan sehat untuk penderita diabetes sangat penting untuk menjaga gula darah tetap normal. Bagi diabetesi(sebutan untuk orang yang terkena diabetes), mengonsumsi makanan sehat yang memiliki indeks glikemik rendah merupakan kunci sukses mengontrol gula darah.

Sayangnya masih banyak diabetesi yang masih kurang memperhatikan keberadaan makanan ini. Padahal makanan sehat dengan indeks glikemik rendah mudah saja ditemui dan bisa dikonsumsi kapan saja.Penderita diabetes yang bijak wajib mengetahui mana makanan yang menyebabkan gula darah naik dan mana makanan yang menyebabkan gula darah turun. Selain itu menjalani olahraga secara rutin, pola makan teratur dan benar, cukup istirahat dan menghindarkan diri dari stress merupakan cara yang tepat untuk mengontrol gula darah. Berikut ini adalah asupan sehat agar penderita diabetes tetap sehat:

Kacang

Kacang merupakan makanan yang sangat baik untuk diabetesi. Ini disebabkan karena kacang memiliki kandungan rendah kalori tinggi serat kaya protein, kalsium dan magnesium.

Tomat

Tomat

Tomat mengandung likopen yang berperan penting dalam melawan penyakit. Tomat merupakan buah atau sayuran yang kaya akan zat besi, vitamin C, E dan K yang berguna memenuhi nutrisi tubuh. Anda dapat mengonsumsi tomat ddengan cara apasaja seperti dimakan langsung, dijadikan lalapan atu dibuat jus agar lebih nikmat. Namun perlu diingat, ketika membuat jus tomat jangan tambahkan terlalu banyak gula. Untuk mengetahui khasiat lain tentang tomat, silakan baca pada Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan.

Susu yang bebas lemak

Penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi susu bebas lemak. Hal ini dikarenakan susu adalah sumber vitamin D yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Aneka gandum

Seluruh makanan yang terbuat dari gandum aman untuk penderita diabetes. Ini dikarenakan gandum mengandung serat, Omega 3, folat, magnesium, kalium dan kromium yang berfungsi untuk kecukupan energi harian Anda.

Ubi jalar

Ubi jalar

Ubi jalar juga baik untuk pengidap diabetes. Meskipun memiliki rasa yang manis, namun ubi jalar memiliki kandungan glikemik rendah kaya serat dan vitamin A.

Diabetes adalah penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan komplikasi seperti serangan jantung, gagal ginjal, dan stroke. Oleh karena itu, sedini mungkin harus mendapat perawatan yang tepat agar tidak semakin parah. Jika Anda belum terkena diabetes, cegahlah dengan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang sehat. Baca juga Cegah Diabetes Sebelum Terlambat.