Huruf miring

Posted On // 5 comments
Bukan menelaah kalimat merasa dengan huruf miring; berpikir dengan huruf kapital yang kujadikan moto situs ini. Penulisan huruf miring menurut tata bahasa-standar Indonesia sebenarnya cukup mudah. Artikel Menulis Kalimat ini menyertakan kasus-kasus pemakaian huruf miring yang mungkin belum kautahu.

huruf bercetak miring

Pemakaian huruf miring


Huruf bercetak miring dipakai pada pengutipan judul buku; nama koran atau media pers; penulisan kata-kata yang bukan merupakan bahasa Indonesia, seperti istilah bahasa Inggris dan bahasa daerah; dan untuk menegaskan kata atau bagian tertentu dalam kalimat.

Lazimnya penulis telah mengetahui aturan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan tersebut, maka aku tak perlu lagi menuliskan contoh-contohnya. Yang akan kucontohkan dan kupertanyakan dalam artikel ini adalah kasus-kasus yang belum terlalu banyak diajarkan oleh guru bahasa Indonesia.

Apakah huruf miring dipakai saat mengutip:
  • judul permainan komputer (game)
  • nama aplikasi komputer (software)
  • judul lukisan
  • judul pameran
  • judul film/lagu
  • judul acara televisi dan radio
  • nama situs Internet, seperti nama blog atau forum
  • nama rubrik situs Internet, seperti rubrik di media pers daring?
Aku sangat jarang memakai huruf miring untuk hal-hal tersebut, terutama saat menuliskannya di halaman situs Internet. Bagaimana dengan kau sendiri?

Judul Alkitab dan Alquran tidak berhuruf miring


Menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan, judul atau nama buku mesti ditulis dengan huruf miring.

Bagaimana dengan Alkitab dan Alquran yang, tentu saja, berwujud buku, dan sub-subbab di dalamnya, apakah ditulis dalam huruf miring?

Tidak, tuliskan dengan huruf normal saja, seperti:
Injil Matius terdapat pada bab Perjanjian Baru dalam kitab suci agama Kristen, Alkitab.

Kata "Injil Matius", "Perjanjian Baru", dan "Alkitab" tidak berhuruf miring. Hal ini pun berlaku untuk penulisan judul kitab agama-agama lainnya.

Perlukah tanda kutip atau huruf tebal pada kata-kata berhuruf miring?


Dalam banyak kasus tidak perlu. Untuk menegaskan bagian tertentu dalam kalimat, sebaiknya hindari memakai sekaligus huruf miring dan huruf tebal; pilih salah satu saja. Tapi, sudah barang tentu, apabila kata-kata berhuruf miring atau berhuruf tebal itu merupakan kalimat langsung, tanda petik harus tetap dipakai.

Catatan penulis dan ralat redaksi pers memakai huruf miring


Biasanya buku memakai huruf miring untuk catatan tambahan dalam tubuh kalimat dari pihak penulis atau penerbit. Begitu juga dalam bahasa jurnalistik di media cetak. Jika redaksi koran, misalnya, mengoreksi kesalahan berita sebelumnya, ralat itu ditulis dengan huruf miring.

Huruf miring pada tanda baca?


Jika memakai huruf miring pada kata atau beberapa kata dalam kalimat, tanda baca lain yang bukan merupakan bagian dari kata-kata itu tidak ikut dimiringkan. Contoh:
Siapa penulis buku Menulis Kalimat, Menulis Paragraf?

Perhatikanlah, tanda tanya tidak ikut dimiringkan, karena ia bukan merupakan bagian dari judul buku tersebut. Tapi, tanda koma setelah kata Kalimat dimiringkan karena bagian dari judul buku itu.

Penulisan huruf miring dalam cerita fiksi


Dalam karya fiksi, seperti novel dan cerpen, sering "kalimat langsung" dituliskan dengan huruf miring. Sesungguhnya kalimat-kalimat itu bukanlah kalimat langsung yang biasa, tapi merupakan isi pikiran si tokoh cerita, seperti membatin atau berkata-kata kepada diri sendiri.

Dua contohnya di bawah ini. Baris pertama adalah kalimat langsung biasa yang diucapkan si tokoh kepada tokoh lain, sedangkan baris kedua, kalimat bercetak miring, adalah kalimat-kalimat yang muncul dalam benak si tokoh dan tidak didengarkan oleh lawan bicaranya.

"Lihat wajahnya," kata Kohler.

Lihat wajahnya? Langdon mengerutkan keningnya. Bukannya kamu tadi bilang kalau sesuatu telah dicuri?

Keempat kalimat di atas kukutip dari buku novel Malaikat & Iblis karangan Dan Brown.

Apakah judul buku dalam kalimat langsung memakai huruf miring?


Ada dua pendapat: ya, tetap dengan huruf miring, dan tidak, tak perlu ditulis dalam huruf miring.

"Dari semua novel Dan Brown, aku paling suka The Da Vinci Code, karena buku itu mengguncangkan iman orang waras," kata Jarar Siahaan.

“Bagikan pengetahuanmu. Itulah jalan untuk menggapai keabadian.” —Dalai Lama XIV


KLIK tombol Suka/Tweet/g+1 di atas jika artikel ini berfaedah, dan bagikan. Silakan narablog menyitat dengan syarat menautkan pranala laman kutipan.


TULIS komentar anda pada dua kotak di bawah dengan memakai Facebook atau Google+.


KEMBALI ke halaman beranda (klik logo) untuk melihat artikel terbaru.

Baca maklumat menuliskalimat.com

Tulislah komentar hanya terkait dengan artikel, dan jangan langgar etik berinternet (spam, trolling). Komentar dengan Facebook, Yahoo, Hotmail, atau Google+. Jika anda sudah punya akun Gmail, tinggal beberapa klik saja untuk mendapat alamat keren seperti google.com/+NamaAnda.

Sesekali saya sempat menjawab pertanyaan, termasuk di Twitter @spa_si dan +Tata Bahasa Indonesia, jika tidak membutuhkan jawaban panjang.

Narablog tak perlu izin untuk menukil tulisan dari menuliskalimat.com. Tautkan laman sumbernya; semudah itu saja. Jika anda pencinta nahunahu: tata bahasa; gramatika Indonesia dan ingin mendukung Menulis Kalimat, silakan pasang logo !’ di blog anda (lihat kodenya di bilah sisi kanan blog ini).

PENAFIAN: saya bukan sarjana linguistik atau penyelisik teori gramatika. Artikel di blog ini saya tulis berdasarkan pengalaman praktik menulis sebagai jurnalis. Karena itu, kalau anda ke situs ini untuk mencari tahu takrif diftongisasi, uraian kaidah fonologi, atau arti jargon verba ekatransitif, misalnya, harus saya katakan bahwa anda sedang … tersesat. Tak jarang pula saya sengaja menabrak kaidah baku tata bahasa Indonesia, seperti menulis pronomina anda dengan fonem pertama /a/ berhuruf kecil, serta menulis kata sambung dan di awal kalimat. Jadi, waspadalah! Dan jika sebab itu pikiran anda bergalau, segera hubungi guru bahasa terdekat.

Surat cinta terindah adalah yang dikembalikan dengan perbaikan tanda baca dan ejaan kata.

Jarar Siahaan di Tanah Batak
@ja_rar
Baca artikelku tiap hari di blog KHAS dot co
www.khas.co